Rabu, 11 Oktober 2023

5 Teknik Memancing untuk Pemula

daisenfishingMemancing bukan hanya sekadar mencari ikan. Lebih dari itu, kegiatan ini juga bisa melatih kesabaran kesabaran serta kecermatan dalam mengisi waktu luang. 

Bagi Sahabat yang mungkin tertarik memancing ikan, akan tetapi belum mengetahui teknik memancing yang baik dan benar, berikut ini beberapa teknik memancing ikan yang bisa pemula ketahui. Yuk simak! 

1. Teknik Flying Lining

Flying Lining adalah teknik yang biasanya menggunakan ikan hidup atau live bait sebagai umpan yang diikat dengan balon. Beberapa jenis ikan yang bisa dijadikan live bait, meliputi ikan kembung, ikan selar, ikan tembang, serta baby barracuda.

Teknik ini bisa dilakukan dengan cara membiarkan umpan berenang menjauhi kapal. Tahapan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencari titik terbaik saat menunggu ikan yang hendak memangsa umpan. Ikan yang dijadikan target nantinya bakal langsung menyambar umpan tersebut. 



2. Teknik Bottom Fishing

Bottom Fishing menjadi teknik dasar sekaligus yang paling umum digunakan oleh pemancing pemula. Hal ini lantaran tekniknya sangat sederhana. Adapun teknik ini hanya membutuhkan rangkaian dasar mancing yang kemudian diberi umpan. 

Setelah itu, umpan dilemparkan ke dalam air dan kita menunggu sampai ada ikan yang menyambar. Metode memancing yang juga dikenal dengan sebutan mancing dasaran ini biasanya menggunakan joran, yang dilengkapi reel spinning atau overhead reel.

3. Teknik Negek

Teknik ini umumnya lebih sering digunakan untuk memancing ikan baronang. Beberapa orang yang memancing dengan teknik negek biasanya menggunakan umpan berupa lumut laut. 

Untuk umpan lain yang digunakan ada nasi atau umpan lain yang sesuai dengan jenis makanan baronan. Hal yang membuatnya menarik adalah umpan tersebut tidak ditempelkan pada pancing, akan tetapi dijepit di atas garong.

4. Teknik Trolling

Trolling merupakan teknik memancing ikan yang dilakukan dengan cara trolling. Tekniknya sendiri lebih sering digunakan saat memancing dari kapal berjalan, pada kecepatan antara 5 sampai 7 knot. 

Adapun umpan yang umum digunakan bernama rapala, yang merupakan umpan buatan untuk memancing ikan tenggiri ataupun wahoo.

5. Teknik Popping

Popping dikenal sebagai teknik memancing ikan yang khas, lantaran  harus melempar popper dan memainkannya di atas permukaan air. Selain itu, popper juga harus ditarik berulang kali, agar air memercik untuk menarik perhatian ikan yang dijadikan target.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

4 Teknik Mancing di Laut yang Penting untuk Diterapkan

daisenfishing |  Memancing merupakan aktivitas mencari ikan yang banyak digemari, bahkan menjadi sebuah hobi. Namun ternyata, menurut buku...